Thursday 20 October 2011

Contoh RPP Fiqih SD


RPP FIQIH
Kelas I Madrasah Ibtida’iyah
Oleh:
Arina Hidayati
Nama Sekolah             : SDI Al ‘Ilma
Mata Pelajaran            : Fiqih
Kelas/ Semester           : I/ 1
Alokasi Waktu            : 8 x 35 menit (4 pertemuan)
A. Standar Kompetensi
1. Mengenal lima rukun Islam
B. Kompetensi Dasar
1.1 Menyebutkan lima rukun Islam
1.2 Menghafal syahadatain dan artinya
C. Indikator

1.1.1 Siswa dapat menyebutkan lima rukun Islam
1.1.2 Siswa dapat memahami makna dari lima rukun Islam
1.1.3 Siswa dapat menghafal lima rukun Islam secara urut
1.1.4 Siswa dapat mengungkapkan manfaat mempelajari lima rukun Islam
1.1.5 Siswa dapat menerapkan rukun Islam dalam kehidupan sehari-hari walaupun sedikit demi sedikit.
1.1.6 Siswa mampu menghafal syahadatain
1.1.7 Siswa mampu memahami arti dari syahadatain
D. Tujuan Pembelajaran Pertemuan 1
1. Dengan bimbingan dari guru, siswa dapat menyebutkan lima rukun Islam.
2. Dari penjelasan yang disampaikan melalui video, siswa dapat memahami lima poin dalam rukun Islam.
E. Tujuan Pembelajaran Pertemuan 2
1. Siswa dibimbing menghafal lima rukun Islam dengan menggunakan lagu.
2. Dengan pertanyaan-pertanyaan pemancing dari guru, siswa bisa mengungkapkan manfaat mempelajari rukun Islam.
3. Dengan motivasi yang selalu diberikan oleh guru, siswa dapat membiasakan diri mengerjakan atau menerapkan ibadah yang ada dalam rukun Islam secara bertahap dalam kehidupan sehari-hari.
F. Tujuan Pembelajaran Pertemuan 3
1. Siswa dibimbing melafalkan dua kalimah syahadat dan artinya dengan benar.
2. Melalui cerita, siswa dapat memahami arti dua kalimah syahadat.
G. Tujuan Pembelajaran Pertemuan 4
1. Siswa dibimbing untuk menghafal dua kalimah syahadat.
2. Dengan pertanyaan-pertanyaan pemancing, siswa dapat mengungkapkan manfaat syahadatain.
H. Materi Pembelajaran
1. Pengertian Rukun Islam
Rukun Islam adalah sesuatu yang harus dilaksanakan dalam agama Islam.
Orang yang beragama Islam wajib melaksanakan rukun Islam.
2. Rukun Islam Ada Lima
a. Membaca dua kalimah syahadat.
Dua kalimah syahadat disebut juga syahadatain. Syahadatain terdiri atas syahadat tauhid dan syahadat rasul. Membaca syahadat harus disertai dengan keyakinan dalam hati.
b. Mendirikan sholat
Sholat yang wajib dilakukan oleh orang Islam adalah sholat lima waktu, yaitu sholat subuh (2 rakaat), sholat dzuhur  (4 rakaat), shalat ashar (4 rakaat), shalat maghrib (3 rakaat), dan sholat isya’ (4 rakaat).
c. Membayar zakat
Orang Islam yang mampu wajib mengeluarkan zakat. Zakat ada dua macam, yaitu zakat fitrah dan zakat mal. Zakat diberikan kepada fakir miskin.
d. Berpuasa pada bulan Ramadhan
Puasa adalah menahan diri dari makan, minum, dan semua hal yang membatalkan puasa dari terbit fajar sampai maghrib (matahari terbenam). Puasa pada bulan Ramadhan dilakukan satu bulan penuh dan hukumnya wajib.
e. Menunaikan ibadah haji bagi yang mampu
Ibadah haji adalah ibadah yang dilakukan di tanah suci Mekah. Ibadah haji dilakukan bagi orang yang mampu, baik mampu secara jasmani maupun rohaninya.
I. Model dan Metode Pembelajaran
1. Model     : pembelajaran langsung (pertemuan 1 dan 3), inquiry (pertemuan 2 dan 4).
2. Metode   : Tanya jawab, permainan, dan hafalan.
J. Langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Pertemuan 1
a. Pendahuluan (15 menit)
a) Setelah mempersiapkan siswa utuk belajar, guru menegaskan tujuan pembelajaran hari ini, kemudian melakukan apersepsi dengan pertanyaan-pertanyaan pemancing tentang Islam agar siswa mulai berpartisipasi aktif.
b) Guru memberi reward kepada siswa atas keaktifan melalui jawaban-jawaban yang diberikan.
b. Kegiatan Inti (45 menit)
a) Guru meluruskan kemudian menyampaikan isi dari rukun Islam.
b) Guru menampilkan video yang relevan dengan materi untuk menjelaskan masing-masing dari poin dalam rukun Islam.
c) Guru memberi kesempatan siswa untuk berpendapat dan bertanya.
c. Penutup (10 menit)
a) Guru merangkum butir-butir penting dari seluruh pembelajaran dengan menanyakan secara lisan kepada siswa tentang apa yang telah dipelajarinya.
b) Guru memberikan reward kepada siswa atas partisipasi aktifnya dalam pembelajaran.
2. Pertemuan 2
a. Pendahuluan (15 menit)
a) Setelah mempersiapkan siswa utuk belajar, guru menegaskan tujuan pembelajaran hari ini, kemudian melakukan apersepsi dengan meminta siswa untuk mengingat pembelajaran pada pertemuan sebelumnya agar siswa mulai berpartisipasi aktif.
b) Guru memberi reward kepada siswa atas keaktifan melalui pendapat-pendapat yang diberikan.
b. Kegiatan Inti (45 menit)
a) Guru membimbing siswa untuk menyanyikan lagu tentang rukun Islam yang nantinya siswa akan menghafal rukun Islam tersebut.
b) Setelah siswa menghafal rukun Islam, guru memancing siswa agar mengungkapkan pendapat tentang manfaat mempelajari rukun Islam, kemudian dari semua jawaban diluruskan.
c) Guru memotivasi siswa untuk menerapkan poin-poin rukun Islam dalam kehidupan sehari-hari secara bertahap, seperti melaksanakan sholat.
c. Penutup (10 menit)
a) Guru merangkum butir-butir penting dari seluruh pembelajaran dengan menanyakan secara lisan kepada siswa tentang apa yang telah dipelajarinya.
b) Guru memberikan reward kepada siswa atas partisipasi aktifnya dalam pembelajaran.
3. Pertemuan 3
a. Pendahuluan (15 menit)
a) Setelah mempersiapkan siswa utuk belajar, guru menegaskan tujuan pembelajaran hari ini, kemudian melakukan apersepsi dengan meminta siswa untuk mengingat pembelajaran pada pertemuan sebelumnya agar siswa mulai berpartisipasi aktif.
b) Guru memberi reward kepada siswa atas keaktifan melalui pendapat-pendapat yang diberikan.
b. Kegiatan Inti (45 menit)
a) Guru membimbing siswa untuk melafalkan dua kalimah syahadat dengan benar beserta artinya.
b) Guru menceritakan sebuah cerita motivator tentang dua kalimah syahadat agar siswa mampu memahami arti dari dua kalimah syahadat tersebut.
c) Guru membimbing siswa untuk menuliskan dua kalimah syahadat dalam tulisan bahasa Arab.
c. Penutup (10 menit)
a) Guru merangkum butir-butir penting dari seluruh pembelajaran dengan menanyakan secara lisan kepada siswa tentang apa yang telah dipelajarinya.
b) Guru menilai hasil siswa dalam menulis dua kalimah syahadat dalam bahasa Arab.
b) Guru memberikan reward kepada siswa atas partisipasi aktifnya dalam pembelajaran.
4. Pertemuan 4
a. Pendahuluan (15 menit)
a) Setelah mempersiapkan siswa utuk belajar, guru menegaskan tujuan pembelajaran hari ini, kemudian melakukan apersepsi dengan meminta siswa untuk mengingat pembelajaran pada pertemuan sebelumnya agar siswa mulai berpartisipasi aktif.
b) Guru memberi reward kepada siswa atas keaktifan melalui pendapat-pendapat yang diberikan.
b. Kegiatan Inti (45 menit)
a) Guru mengajak siswa melakukan permainan kuis tentang syahadatain agar siswa mampu menghafal syahadatain.
b) Guru memberikan pertanyaan-pertanyaan pemancing agar siswa mampu mengungkapkan manfaat dari syahadatain.
c) Guru meluruskan dan menyimpulkan pendapat-pendapat yang telah diberikan oleh siswa.
c. Penutup (10 menit)
a) Guru merangkum butir-butir penting dari seluruh pembelajaran dengan menanyakan melalui soal-soal tertulis kepada siswa tentang apa yang telah dipelajarinya.
b) Guru memberikan reward kepada siswa atas partisipasi aktifnya dalam pembelajaran.
K. Sumber Belajar dan Media
1. Buku Panduan Fiqih semester 1 kelas I Madrasah Ibtida’iyah.
2. Media audiovisual (video) yang relevan dengan materi.
3. Cerita yang relevan dengan materi.
4. Lagu yang relevan dengan materi.
5. Permainan kuis.
6. Papan tulis.
7. Sarana dan prasarana yang mendukung proses pembelajaran.
L. Penilaian
1. Pertemuan 1
Tehnik Penilaian: Unjuk kerja
Bentuk Instrumen: keaktifan siswa, afektif, dan kehadiran
Instrumen: keaktifan siswa, sikap, dan absen.
2. Pertemuan 2
Tehnik Penilaian: Unjuk kerja
Bentuk Instrumen: tugas individu, afektif, keaktifan siswa, dan kehadiran
Instrumen: hafalan, sikap, keaktifan siswa, dan absen
3. Pertemuan 3
Tehnik Penilaian: Unjuk kerja
Bentuk Instumen: tugas individu, afektif, keaktifan siswa, dan kehadiran
Instrumen: tulisan Arab syahadatain, sikap, keaktifan siswa, dan absen
4. Pertemuan 4
Tehnik Penilaian: Unjuk kerja dan tes tertulis
Bentuk Instrumen: tugas individu, soal uraian, afektif, keaktifan siswa, dan kehadiran
Instrumen:
a. Hafalan syahadatain
b. Soal uraian:
a) Sebutkan lima rukun Islam secara urut!
b) Sebutkan lima macam sholat fardhu!
c) Tuliskan lafal syahadat Tauhid menggunakan bahasa Arab!
d) Tuliskan lafal syahadat Rasul menggunakan bahasa Arab!
e) Kepada siapa kita memberikan zakat?
c. Sikap
d. Keaktifan siswa
e. Absen

Wonosobo, ………………………….
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                              Guru Mapel


(………………………….)                                                              (………………………)

No comments:

Post a Comment